cover
Contact Name
Agustiawan
Contact Email
lib@isi.ac.id
Phone
+6281578418927
Journal Mail Official
lib@isi.ac.id
Editorial Address
UPT Perpustakaan Institut Seni Indonesia Yogyakarta Jalan Parangtritis KM. 6,5 Yogyakarta 55188
Location
Kab. bantul,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
ABDI PUSTAKA: Jurnal Perpustakaan dan Kearsipan
ISSN : 28081641     EISSN : 2808151X     DOI : https://doi.org/10.24821/jap.v1i1
Jurnal Abdi Pustaka merupakan jurnal yang diterbitkan oleh UPT Perpustakaan, Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Dipublikasikan kali pertama pada tahun 2021, Jurnal Abdi Pustaka adalah jurnal hasil pemikiran, gagasan, dan penelitian bidang ilmu perpustakaan dan kearsipan. Sebelum diterbitkan setiap artikel yang masuk akan melalui proses penelaahan oleh reviewer yang mempunyai kompetensi di bidang perpustakaan dan kearsipan yang berasal dari berbagai institusi. Jurnal Abdi Pustaka terbit dua kali setiap tahunnya yakni Juni dan Desember.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2021): Juni 2021" : 5 Documents clear
Tantangan Digital dan Dinamisasi Koleksi Dalam Pemanfaatan Koleksi Perpustakaan Bagi Prestasi Belajar Mahasiswa Sugeng Wahyuntini; Sri Endarti
ABDI PUSTAKA: Jurnal Perpustakaan dan Kearsipan Vol 1, No 1 (2021): Juni 2021
Publisher : Institut Seni Indonesia Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24821/jap.v1i1.5909

Abstract

Tulisan ini merupakan artikel ilmiah dari penelitian berjudul “Intensitas Pemanfaatan Koleksi Perpustakaan Bagi Prestasi Belajar Mahasiswa Fakultas Seni Pertunjukan ISI Yogyakarta”. Tujuan penelitian adalah: (1) Untuk mengetahui intensitas pemanfaatan koleksi perpustakaan oleh mahasiswa Fakultas Seni Pertunjukan ISI Yogyakarta; (2) Untuk mengetahui dampak intensitas pemanfaatan koleksi perpustakaan terhadap prestasi belajar mahasiswa Fakultas Seni Pertunjukan ISI Yogyakarta. Penelitian berfokus pada intensitas pemanfaatan koleksi perpustakaan oleh mahasiswa Fakultas Seni Pertunjukan ISI Yogyakarta yang sudah dalam masa menjelang akhir studi dan sering berkunjung ke perpustakaan. Penelitian ini dilaksanakan di UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta dengan informan sejumlah 11 orang, yaitu 10 orang mahasiswa yang ditentukan berdasarkan  prodinya  dan satu dosen FSP yang sering berkunjung ke perpustakaan. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif yang dilakukan dengan menggunakan model Miles & Hubermen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intensitas pemanfaatan koleksi perpustakaan meningkat di saat ada dorongan untuk menyelesaikan tugas yang diberikan oleh dosen maupun untuk menyelesaikan tugas akhir. Selain memanfaatkan koleksi dengan membaca, meminjam menyalin dan memfotokopi, mahasiswa sudah memanfaatkan koleksi repository institusi. Cara mengakses informasi tidak hanya secara fisik berkunjung ke perpustakaan tetapi juga mengakses secara digital di luar perpustakaan. Kendala yang ditemukan adalah kurang lengkapnya koleksi hingga ke subyek minat utama dan kurang lancarnya wifi untuk akses informasi digital. Sedangkan kendala untuk kunjungan fisik ke perpustakaan adalah ruangan yang tidak nyaman (panas). Prestasi belajar mahasiswa mengalami peningkatan pada saat mahasiswa aktif memanfaatkan koleksi perpustakaan. This paper is a scientific article from the research entitled "Intensity of Utilization of Library Collection for Student Learning Achievement of Faculty of Performing Arts ISI Yogyakarta". The purpose of the study is: (1) To find out the intensity of the utilization of library collections by students of the Faculty of Performing Arts ISI Yogyakarta; (2) To find out the impact of the intensity of the utilization of library collections on the learning achievement of students of the Faculty of Performing Arts ISI Yogyakarta. Research focuses on the intensity of the utilization of library collections by students of the Faculty of Performing Arts ISI Yogyakarta. They are already in the period towards the end of their studies and often visit the library. This research was conducted at UPT Library ISI Yogyakarta with informants of 11 people, namely 10 students who were determined based on their study programs and one FSP lecturer who often visited the library. The data analysis used is a qualitative analysis conducted using the Miles & Huberman model. The results showed that the intensity of library collection utilization increased when there was a push to complete the task given by lecturers and to complete the final task. In addition to utilizing collections by reading, borrowing copies and photocopying, students have being used the institution's repository collection. How to access information is not only physically visiting the library but also accessing digitally outside the library. The obstacles found are the incompleteness of collections to the main interest subjects and the lack of smooth wifi for access to digital information. In comparison, the impediment to a physical visit to the library is an uncomfortable room (hot). Student learning achievement has increased when students actively utilize library collections. 
Pemustaka di Perpustakaan Program Pascasarjana ISI Yogyakarta Setelah Penerapan Protokol Kesehatan Covid-19 Agung Hartono
ABDI PUSTAKA: Jurnal Perpustakaan dan Kearsipan Vol 1, No 1 (2021): Juni 2021
Publisher : Institut Seni Indonesia Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24821/jap.v1i1.5912

Abstract

Virus Corona atau biasa disebut dengan Covid-19 adalah virus yang menyerang sistem pernapasan manusia.Virus ini masih berhubungan dengan penyebab SARS dan MERS yang sempat merebak beberapa tahun lalu. Sampai saat ini belum diketahui penyebab dari virus corona, tetapi diketahui virus ini disebarkan oleh hewan dan mampu menjangkit dari satu spesies ke spesies lainnya, termasuk manusia. Diketahui virus Corona berasal dari Kota Wuhan di China dan muncul pada Desember 2019. Virus Corona bisa menyebabkan kematian. Bahkan, pasien yang erinfeksi dan sembuh akan mengalami kerusakan permanen pada paru-paru dan antibodi. Kemunculannya ditandai dengan beberapa gejala yang berbeda-beda pada tubuh pasiennya. Namun, secara umum, gejala virus Corona adalah flu, demam, batuk, hingga sesak napas. Gelombang pandemi Covid-19 tak kunjung surut. Meluasnya penularan penyakit yang disebabkan virus korona tipe baru dan bertambahnya kasus infeksi telah mengubah wajah dunia layanan,tanpa terkecuali layanan di Perpustakaan Program Pascasarjana ISI Yogyakarta. Guna meminimalkan risiko terinfeksi  protokol kesehatan di lembaga itu diterapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan dengan protokol kesehatan itu bagi pemustaka. Dalam penelitian ini,  peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif  karena ingin mendalami suatu  fakta,  gejala  dan  peristiwa  pengaruh  layanan protokol kesehatan  terhadap  pemustaka. Peneliti menginginkan hasil penelitian berupa rincian data yang lebih kompleks tentang fenomena yang  sulit  diungkapkan  oleh  metode  kuantitatif  dan  tidak  memerlukan  pengolahan  data  secara statistika. Hasil dari penelitian kualitatif  yang dibutuhkan  peneliti adalah  berupa informasi yang mendalam mengenai pengaruh penerapan protokol kesehatan Covid-19 terhadap perilaku pengguna perpustakaan (pemustaka). Corona virus or commonly called Covid-19, is a virus that attacks the human respiratory system. This virus is still related to the cause of SARS and MERS, which had spread a few years ago. Until now, the cause of the corona virus is unknown, but it is known that this virus is spread by animals and can infect from one species to another, including humans. It is known that the Corona virus originated in the city of Wuhan in China and emerged in December 2019. Corona virus can cause death. Infected and cured patients will experience permanent damage to the lungs and antibodies. Its appearance is characterized by several different symptoms in the patient's body. However, in general, the signs of the Corona virus are flu, fever, cough, and shortness of breath. The wave of the Covid-19 pandemic has not subsided. The spread of disease transmission caused by the new type of corona virus and the increase in infection cases have changed the face of the service world, without exception services at the ISI Yogyakarta Postgraduate Program Library. To minimize the risk of being infected, health protocols at the institution are implemented. This study aims to determine the effect of services with the health protocol for users. In this study, the researchers used qualitative research methods to explore a fact, symptom and event of the influence of health protocol services on users. Researchers wish to research results in more complex data details about phenomena that are difficult to express by quantitative methods and do not require statistical data processing. The results of the qualitative research needed by researchers are in the form of in-depth information about the effect of implementing the Covid-19 health protocol on the behaviour of library users (users).
Pemanfaatan Layanan Perpustakaan dan Prestasi Akademis Mahasiswa Samiyati Samiyati; Isti Suratmi; Jody Santoso
ABDI PUSTAKA: Jurnal Perpustakaan dan Kearsipan Vol 1, No 1 (2021): Juni 2021
Publisher : Institut Seni Indonesia Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24821/jap.v1i1.5915

Abstract

Penelitian ini membahas pemanfaatan layanan perpustakaan kaitannya dengan prestasi akademis mahasiswa di FSMR ISI Yogyakarta. Tujuan penelitian untuk mengetahui pemanfaatan layanan perpustakaan terhadap pencapaian prestasi akademis mahasiswa. Metode penelitian yang digundengan bersifat deskriptif dengan pendekatan kuantitatif menggunakan Skala Likert. Dari hasil penelitian ini diketahui, bahwa: mahasiswa memanfaatkan layanan perpustakaan sebagian besar untuk meminjam buku, dan mengerjdengan tugas kuliah. Pencapaian IPK mahasiswa cukup tinggi dengan IPK terendah 2.83, tertinggi 3.91, dan rata-rata 3.37. Pemanfaatan layanan perpustakaan mempunyai hubungan positif yang rendah dengan prestasi akademis mahasiswa. Artinya, pemanfaatan layanan perpustakaan tidak berpengaruh signifikan dengan prestasi akademis, besaran pengaruh tersebut adalah 0.1%. Mahasiswa FSMR, sesuai lingkup akademis yang dipelajari, mempunyai akses informasi yang luas sehingga prestasi mereka tidak hanya tergantung pada layanan perpustakaan. Dalam proses pembelajaran mereka dituntut menghasilkan karya akademis yang dipelajari dengan praktek langsung di lapangan. Rekomendasi penelitian agar perpustakaan: secara periodik mengevaluasi kebijdengan terkait layanan disesuaikan dengan kebutuhan, menjalin kerjasama dengan berbagai pihak yang mendukung pembelajaran mahasiswa, menggiatkan sosialisasi layanan, dan menambah fasilitas yang relevan dengan kebutuhan pemustaka. This research discusses the utilization of library services related to students' academic achievement at FSMR ISI Yogyakarta. The purpose of research is to find out the utilization of library services to the triumph of academic achievement of students. The research methods used are descriptive with a quantitative approach using the Likert Scale. From the results of this study, it is known that: students use library services mainly to borrow books and do college assignments. Student GPA achievement is relatively high with the lowest GPA of 2.83, highest 3.91, and the average of 3.37. The use of library services has a low positive relationship with students' academic performance. The utilization of library services has no significant effect on academic achievement; the amount of influence is 0.1%. FSMR students, according to the intellectual scope studied, have access to extensive information so that their accomplishments are not only dependent on their achievements.
Pengaruh Pelayanan Perpustakaan Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Fakultas Seni Rupa ISI Yogyakarta Bandono Bandono; Susilowati Susilowati
ABDI PUSTAKA: Jurnal Perpustakaan dan Kearsipan Vol 1, No 1 (2021): Juni 2021
Publisher : Institut Seni Indonesia Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24821/jap.v1i1.5916

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelayanan perpustakaan terhadap prestasi akademik mahasiswa Fakultas Seni Rupa ISI Yogyakarta. Peneltian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Cara analisis yang digunakan adalah analisis korelasional dengan pendekatan survei yang menggunakan kuesioner sebagai intrumen untuk pengumpulan data. Selain itu pengumpulan data didukung juga dengan dokumentasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pelayanan perpustakaan terhadap pestasi akademik mahasiswa Fakultas Seni Rupa ISI Yogyakarta. Teknik pengumpulan data adalah melalui kuesioner, studi pustaka, observasi dan dokumentasi. Teknik pengukuran variabel tentang pengaruh pelayanan menggunakan skala linkert. Dengan skala linkert maka variabel akan diubah dan dijabarkan menjadi indikator variabel yang mana dalam penelitian ini ada 5 unsur (berdasarkan lima dimensi SerQual). Kelima dimensi tersebut merupakan satu kesatuan yang saling mendukung; (1)Tangibles, (2)Reliabilitas, (3)Responsivitas, (4)Jaminan, (5)Empati. Populasi dalam penelitian ini adalah pemustaka mahasiswa Fakultas Seni Rupa ISI Yogyakarta T.A 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Seni Rupa Institut Seni Indonesia Yogyakarta tahun angkatan 2018/2019 yang berjumlah 457 orang. Pengambilan sample dengan proportional sample atau sampel imbangan diperoleh sample sejumlah 64 mahasiswa. Secara keseluruhan dapat dilihat skor rata-rata tanggapan langsung mahasiswa terhadap pengaruh pelayanan perpustakaan terhadap prestasi akademik mahasiswa Fakultas Seni Rupa  Institut Seni Indonesia Yogyakarta oleh pemustaka di UPT Perpustakaan Institut Seni Indonesia Yogyakarta adalah cenderung tinggi. Berdasarkan hasil dari pembahasan serta olah data  tanggapan langsung responden serta dengan didukung data  yang diperoleh dari Kasubag Pendidikan Fakultas Seni Rupa ISI Yogyakarta maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif antara pelayanan UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta dengan prestasi akademik mahasiswa Fakultas Seni Rupa  Institut Seni Indonesia Yogyakarta. This research aims to find out the influence of library services on students' academic achievement of the Faculty of Fine Arts ISI Yogyakarta. This research is descriptive with a quantitative approach. The analysis is correlational analysis with a survey approach that uses questionnaires as intrusions for data collection. In addition, data collection is also supported by documentation. The purpose of this research is to find out the influence of library services on the academic party of students of the Faculty of Fine Arts ISI Yogyakarta. Data collection techniques are through questionnaires, library studies, observations and documentation variable measurement techniques on the effect of services using the Linkert scale. With the Linkert scale, the variable will be changed and spelt out into a variable indicator where in this study, there are 5 elements (based on the five dimensions of SerQual). The five dimensions are a unity that supports each other; (1) Tangibles, (2)Reliability, (3) Responsiveness, (4)Guarantee, (5) Empathy. The population in this study is the student library of the Faculty of Fine Arts ISI Yogyakarta T.A 2018/2019. The population in this study was a student of the Faculty of Fine Arts, Yogyakarta Indonesian Institute of Art in 2018/2019, which amounted to 457 people. Sampling with proportional sample or balance sample obtained a selection of 64 students. Overall, it can be seen that the average score of students' direct responses to the influence of library services on the academic achievement of students of the Faculty of Fine Arts, ISI Yogyakarta, by the library at the library of the ISI Yogyakarta is likely to be high. Based on the results of the discussion and the processing of direct-response data of respondents and supported by data obtained from kasubag education, faculty of fine arts ISI Yogyakarta, it can be concluded that there is a positive influence between the services of ISI Yogyakarta Library and the academic achievement of students of the Faculty of Fine Arts, ISI Yogyakarta.
Peranan Perpustakaan Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Mahasiswa Pascasarjana ISI Yogyakarta Iyut Nurcahyadi; FL. Agung Hartono; Ida Sriwahyudewi
ABDI PUSTAKA: Jurnal Perpustakaan dan Kearsipan Vol 1, No 1 (2021): Juni 2021
Publisher : Institut Seni Indonesia Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24821/jap.v1i1.5918

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana peranan perpustakaan pascasarjana dalam meningkatan prestasi mahasiswa pascasarjana ISI Yogyakarta dan hambatan yang dihadapi oleh perpustakaan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teori Creswell berupa pengumpulan dan melihat data, mengkoding data, mendiskripsikan data dan menginterpretasikan data berdasarkan tema tema. Hasil dari penelitian ini adalah: 1. Dalam meningkatkan prestasi mahasiswa pascasarjana maka perpustakaan melakukan kegiatan sosialisasi secara berkelompok ketika penerimaan mahasiswa baru dan secara individu saat mahasiswa datang ke perpustakaan, untuk sosialisasi tidak langsung melalui media sosial seperti facebook dan whatsapp. 2. Implementasi dari peranan perpustakaan pascasarjana untuk meningkatkan prestasi mahasiswa dilakukan melalui berbagai kegiatan seperti layanan khusus penelusuran e-journal, konfrensi internasional se-asia pasifik, simposium dan pelatihan serta bedah buku. 3. Peranan perpustakaan pascasarjana ISI Yogyakarta sesuai dengan buku pedoman perpustakaan perguruan tinggi yaitu sebagai tempat untuk belajar (edukasi), sumber informasi melalui berbagai koleksi primer dan sekunder dan motivator bagi mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam mengikuti studi atau pembelajaran di program pascasarjana ISI Yogyakarta. Hambatan dalam melaksanakan berbagai program kegiatan yaitu keterbatasan sumber daya manusia dan perlu adanya penataan ulang atau desain interior perpustakaan (penambahan ruang audio visual) sehingga lebih nyaman, penambahan koleksi yang berkaitan dengan tata kelola seni, best practice, dan partitur musik. The problem in this research is how the role of graduate libraries in improving the achievement of ISI Yogyakarta graduate students and the obstacles faced by libraries. This type of research is qualitative using a descriptive approach. Data collection techniques used through interviews, observations and documentation. Data validity techniques use source triangulation. The data analysis techniques in this study used Creswell's theory of collecting and viewing data, coding data, describing data and interpreting data based on theme themes. The results of this study are: 1. In improving the achievement of graduate students, the library conducts socialization activities in groups when accepting new students and individually when students come to the library, for indirect socialization through social media such as Facebook and Whatsapp. 2. Implementation of the role of graduate libraries to improve student achievement is carried out through various activities such as special e-journal search services, international conferences in Asia Pacific, symposiums and training and book surgery. 3. The role of ISI Yogyakarta graduate library in accordance with the college library handbook is as a place to learn (education), a source of information through various primary and secondary collections and motivators for students who have difficulty in participating in studies or learning in isi Yogyakarta graduate program. Obstacles in carrying out various activity programs are human resource limitations and the need for rearrangement or interior design of the library (addition of audio visual space) so that it is more comfortable, the addition of collections related to art governance, best practice, and music partitur.

Page 1 of 1 | Total Record : 5